5 Macam Jenis Jerawat

Kulit sehat dan bersih seperti tidak ada noda apapun adalah keinginan dari semua wanita. Akan tetapi, tentunya kulit tidak akan selalu baik-baik saja.

Satu masalah kulit yang sangat umum dan sering dialami oleh banyak wanita adalah jerawat dan perlu diketahui bahwa jerawat memiliki macam jenis.

1. Komedo (Blackheads)

Blackheads adalah benjolan kecil yang muncul di kulit dikarenakan folikel rambut tersumbat dan setiap folikel berisi satu rambut dan kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak. Minyak inilah yang disebut sebum, yang memiliki fungsi untuk membantu dan menjaga kulit Anda tetap lembut.

Sel kulit mati dan minyak berkumpul di lubang folikel kulit, menghasilkan benjolan kemudian permukaannya terlihat gelap atau hitam, dikarenakan adanya paparan udara. Komedo ini biasanya muncul di area wajah, akan tetapi bisa juga muncul di bagian tubuh seperti dada, leher, tangan, bahu, dan punggung.

2. Komedo (Whiteheads)

Whiteheads adalah jenis jerawat dasar, muncul ketika pori-pori tertutup, dan menonjol kecil di kulit berwarna putih atau berwarna daging. Hal ini terjadi dikarenakan adanya sumbatan minyak atau sebum pada pori-pori.

Komedo ini dikenal sebagai komedo tertutup dan biasanya dapat muncul di bagian wajah, dada dan punggung.  

3. Papula

Jerawat papula biasanya muncul berawal dari komedo whitehead dan blackhead dibiarkan tanpa adanya penanganan. Alhasil, peradangan pada komedo pun terjadi dan menyebabkan iritasi pada sel kulit di sekitarnya.

Jerawat ini terjadi karena peradangan pada kelenjar minyak dan penyumbatan tidak sampai ke permukaan kulit. Sehingga sel kulit mati terus menumpuk dan menyebabkan acne tampak bengkak, kemerahan, dan sedikit nyeri jika disentuh. 

4. Pastule

Jerawat ini mirip dengan papula, terjadi karena komedo whitehead dan blackhead dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan dan meradang. Jenis jerawat ini infeksi dengan adanya nanah/pus, bengkak, dan kemerahan. Jika anda mengalami ini, artinya anda tengah mengalami jerawat dengan kondisi yang cukup serius.

Pasalnya, tipe jerawat ini merupakan bagian dari penyakit yang disebut sebagai jerawat inflamasi, alias jerawat yang sudah meradang. Sebaiknya, hindari untuk memencet atau mencongkel ujung jerawat yang berisi nanah karena dapat menyebabkan bekas jerawat yang sulit hilang.

5. Nodule

Jenis jerawat ini akan menjadi kelainan kulit berupa nodule, acne akan meluas ke dasar kulit, kulit terasa keras, terkadang tidak tampak bengkak. Jenis jerawat ini termasuk kategori kondisi yang serius.

Usahakan untuk tidak mencoba mengeluarkan isi atau memencet jerawat ini karena kemungkinan besar akan meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang nantinya.

Penanganan yang tepat tentunya akan membuat jerawat akan hilang, salah satu produk yang cocok untuk jerawat adalah Pore Refiner Toner Pore Tightening and Refreshing All Skin.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
Open chat
Butuh Bantuan ?