Jangan Terlalu Sering Eksfoliasi
Photo by kevin laminto on Unsplash

Exfoliating atau eksfoliasi pasti sudah tidak terdengar asing untuk kalian yang sering merawat kulit. Pengangkatan sel-sel kulit mati yang mengendap di pori-pori tentunya akan membuat tekstur kulit lebih halus, lebih cerah, dan memungkinkan untuk produk kecantikan lebih cepat meresap ke kulit sehingga lebih efisien.  Waktu untuk melakukan eksfoliasi untuk setiap orang berbeda-beda dan jika melakukan eksfoliasi berlebihan kulit akan memberikan tanda-tanda, hal ini harus diperhatikan agar tidak menyebabkan rusak yang berlebihan.  Berikut adalah tanda-tanda terjadinya over exfoliating atau eksfoliasi berlebihan pada kulit:

  1. Iritasi dan Kemerahan

Normal jika kulit memberikan reaksi menjadi sedikit merah, karena sel-sel kulit mati yang mengelupas, akan tetapi yang menjadi bahaya ketika kulit menjadi merah hingga berjam-jam atau bahkan hingga berhari-hari dan hal ini disebut sebagai iritasi kulit. Iritasi kulit sebagai salah satu tanda terjadinya over exfoliating, biasanya iritasi akan memberikan rasa gatal dan bahkan bisa menimbulkan rasa nyeri atau perih pada kulit. 

Ketika sudah merasakan gatal atau perih pada kulit hal ini berarti skin barrier kamu telah rusak, karena skin barrier memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari alergen dan iritan. Ketika skin barrier kamu sudah rusak dan kamu mencoba mengeringkan kulit dengan handuk atau lap wajah hal ini dapat membuat iritasi menjadi lebih parah.  Sehingga kamu harus mengurangi penggunaan eksfoliasi atau mengganti produk eksfoliasi kamu.

  1. Flaky Skin

Flaky adalah sebutan untuk kulit yang mengelupas dan menyebabkan akan terlihat bersisik. Hal ini terjadi karena kulit sudah kehilangan kemampuannya untuk menyerap atau mempertahankan kelembapannya. 

  1. Kulit Kencang dan Kering

Kulit yang kencang memang diinginkan sebagian orang karena akan membuat wajah akan terlihat lebih muda. Akan tetapi kulit kencang ini terjadi karena melakukan over exfoliating dimana kulit wajah kekurangan minyak sehingga kulit terasa kencang dan kering.

  1. Breakouts

Over exfoliating dapat melemahkan skin barrier atau pertahanan kulit, hal ini memudahkan bakteri penyebab jerawat dapat masuk ke kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat. Ketika memakai produk exfoliating dan muncul banyak jerawat terutama jerawat kecil, kamu perlu mengurangi jumlah exfoliating untuk mencegah bertambah dan parahnya jerawat.

  1. Sensitif dengan produk

Ketika menggunakan skin care yang biasa digunakan, akan tetapi menyebabkan kemerahan, terbakar, atau mengelupas. Hal ini bisa terjadi karena exfoliating bukan dari produk skin care yang biasa kamu gunakan. Hal ini terjadi karena kulit kamu menjadi lebih sensitif karena over exfoliating.

Itulah ke lima tanda dimana kamu telah over exfoliating. Melakukan exfoliating tentunya sangat baik akan tetapi sesuai dengan kebutuhan kulitmu dan patuhilah petunjuk produk yang kamu gunakan agar mendapatkan hasil yang baik. Konsultasikan ke dokter kulit jika diperlukan!

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
Open chat
Butuh Bantuan ?