Kesalahan Saat Melakukan Perawatan Kulit
Photo by engin akyurt on Unsplash

Melakukan perawatan kulit agar membuat kulit semakin lebih baik dari sebelumnya. Akan tetapi, kamu perlu tahu bagaimana melakukan perawatan kulit yang tepat.

Untuk itu, kami berikan beberapa kesalahan melakukan perawatan kulit yang sering terjadi atau mungkin pernah kamu lakukan, apabila kesalahan dibawah ini pernah kamu lakukan, perbaiki segera agar kamu mendapatkan kulit yang kamu inginkan. 

  1. Menggunakan produk skincare dengan bahan beracun

Saat ini, sudah banyak produk skincare yang beredar di pasaran, bahan-bahan yang digunakan juga tentunya sangat beragam. Ada beberapa produk yang menggunakan bahan beracun, sehingga ditarik oleh BPOM. Hal ini tentunya membuat kalian harus menjadi lebih hati-hati dalam memilih produk skincare

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah: Segera mengecek bahan-bahan pada kemasan produk skincare kamu, kemudian mencari website yang bisa menganalisa bahan-bahan pada produk tersebut.

  1. Mencampur produk dengan bahan yang tidak kompatibel

Perlu kamu ketahui bahwa dengan berbagai macam rangkaian skincare tentunya ada beberapa produk yang memiliki bahan-bahan yang tidak saling melengkapi atau bahkan berlawanan. 

Cara untuk memperbaiki permasalahan ini adalah: Kembali melihat bahan-bahan yang terkandung pada produk tersebut, konsultasikan ke ahlinya, dan apabila ragu jangan mencampur produk tersebut.

  1. Tidak pernah atau berlebihan melakukan eksfoliasi

Ikuti petunjuk dari produk eksfoliasi kamu dan juga lihat kembali kondisi kulit kamu, karena tentunya perbedaan kondisi kulit akan memengaruhi penggunaan eksfoliasi. 

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah: Perhatikan kembali cara penggunaan dari produk yang digunakan. Para ahli memberikan saran untuk melakukan eksfoliasi tidak lebih dari 2-3 kali per minggu. 

  1. Melewati rangkaian penggunaan sunscreen atau SPF

Para ahli menyarankan bahwa penggunaan sunscreen atau SPF setiap hari dikarenakan SPF adalah perawatan kulit yang paling penting dan tidak boleh ditinggalkan. Saat memilih produk SPF, pilihlah yang sesuai dengan kondisi kulit, jangan mengikuti trend yang ada, dikarenakan bisa saja produk tersebut akan membuat wajah lebih kusam atau berminyak. 

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah: Memilih produk SPF yang sesuai dengan kondisi kulit dan melihat kandungan bahan-bahan pada produk tersebut.

  1. Skincare routine pagi hari sama dengan malam hari

Kebutuhan kulit pada pagi dan malam hari berbeda sehingga dibutuhkan skincare routine yang berbeda juga. Ketika pagi hari tentunya memerlukan produk yang mengandung SPF dan di malam hari dibutuhkannya produk yang bisa menghapus atau membersihkan make up yang digunakan pada hari itu.

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah: Mencari kebutuhan kulit sesuai dengan kondisi kulit dan juga penggunaannya pagi atau malam hari.

  1. Mengganti produk dengan cepat

Banyaknya produk yang beredar dan juga influencer yang membuat review, terkadang membuat ingin membeli produk tersebut. Padahal setiap orang kebutuhan kulit dan kondisi kulitnya yang berbeda.

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah: Jika kalian ingin mengganti suatu produk pada rangkaian skincare, lihatlah apakah produk yang diganti memang diperlukan atau tidak. Dikarenakan bisa saja menggunakan produk yang baru akan membuat wajah breakout atau membuat kulit tidak lebih baik. 

  1. Lupa untuk mencuci alat make up

Brush, sponge, beauty blender, dan juga alat make up lainnya harus dicuci setiap seminggu atau dua minggu sekali, apabila kamu menggunakan alat make up sangat sering tentunya juga harus mencucinya lebih sering juga. Hal ini dikarenakan alat make up tersebut selain banyak sudah terkontaminasi dengan produk make up, bakteri, dan juga sel kulit mati. 

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah: Membuat jadwal rutin untuk membersihkan alat-alat make up.

  1. Sering memegang wajah

Terkadang kita sudah tidak sadar bahwa sering memegang wajah, padahal tangan kita sudah menyentuh benda lain. Tangan kita sudah terkontaminasi dengan bakteri atau kuman. Ketika kita memegang wajah, tentunya bakteri atau kuman pada tangan akan berpindah ke wajah, sehingga wajah akan iritasi atau berjerawat, karena wajah adalah kulit sensitif. 

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah: Berusaha untuk tidak selalu memegang wajah, jika ingin memegang wajah bersihkan terlebih dahulu kedua tangan.

  1. Jarang membersihkan telepon genggam

Telepon genggam adalah benda yang paling sering digunakan oleh semua orang di dunia. Ketika di luar, di dalam rumah, setelah makan, setelah mandi, pasti kita akan memegang telepon genggam. Layar telepon genggam menyimpan banyak bakteri, sehingga yang harus dilakukan adalah membersihkan telepon genggam dengan tissue yang sudah diberi desinfektan agar bakteri pada telepon genggam hilang. 

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah: Membersihkan telepon genggam sesering mungkin, sehari sekali mungkin lebih baik atau dua hari sekali.

  1. Tidak cukup minum air putih

Minum air putih sangat disarankan untuk menjaga kelembaban kulit dan memberikan nutrisi untuk sel kulit. Sehingga, disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 3-4 liter per hari, agar tubuh mendapatkan banyak manfaat dari mengonsumsi air putih. 

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah: Selalu sedia satu gelas air putih di sekitar kamu, agar tidak lupa dan tidak ada alasan malas mengambil air putih.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
Open chat
Butuh Bantuan ?