fbpx
Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Bulan ramadhan sebentar lagi akan datang. Apa saja yang perlu disiapkan dan juga diantisipasi selama satu bulan tersebut? Salah satu yang paling sering terjadi adalah bibir kering. Namun, kamu tak perlu khawatir akan membuat puasa anda batal untuk mengatasi hal tersebut. Lakukan beberapa tips berikut supaya puasa kamu tetap lancar dan berhasil sampai bedug berkumandang.

Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Ada banyak cara mudah dan tetap aman yang dapat dilakukan untuk menjaga bibir tetap lembab dan nyaman ketika berpuasa. Sering kali hal ini menganggu proses untuk berpuasa karena rasa tidak nyaman yang terjadi. Tapi tidak perlu khawatir sebab beberapa cara berikut bisa mengatasi bibir pecah-pecah ataupun kering saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Gunakan Lip Balm

Cara yang satu ini sudah pasti diketahui banyak orang. Menggunakan lip balm dapat menjadikan bibir lembab dan nyaman sepanjang hari. Kamu dapat memilih varian lip balm yang sangat banyak di toko kosmetik atau bahkan yang sudah kamu miliki sendiri. Cara ini terbukti ampuh untuk atasi bibir yang kering karena tidak ada asupan cairan selama satu hari puasa tersebut.

Konsumsi Cukup Air Saat Sahur

Agar kandungan air yang ada di bibir masih bisa optimal sepanjang hari, kamu dapat mengkonsumsi air putih di saat sahur. Konsumsi air putih yang cukup dapat mencegah terjadinya bibir pecah-pecah dan kering. Karena air inilah yang akan membuat bibir tetap lembab dan nyaman selama menjalankan puasa.

Hindari Makan Pedas Saat Sahur

Salah satu penyebab bibir menjadi kering ketika siang hari adalah ketika sahur mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin. Hal tersebut dapat memicu tenggorokan menjadi mudah haus dan akibat tidak adanya cairan yang masuk bibir menjadi sangat kering. Tentunya ini jadi kendala saat puasa dan membuat puasa harian jadi terasa tidak nyaman. So, perbanyak makanan mengandung cairan tubuh tinggi supaya saat menjalankan ibadah puasa nantinya berjalan dengan lancar.

Konsumsi Madu Saat Buka dan Sahur

Cara penggunaan madu tidak hanya dapat langsung dikonsumsi saja. Kamu bisa menggunakan cara lain yaitu mengoleskan madu ke bibir di saat berbuka atau sahur. Cara tersebut dapat dilakukan agar kelembaban yang ada di bibir masih tetap terjaga. So, konsumsi madu saat puasa juga dapat menyehatkan tubuh agar tubuh tetap fit dan semangat bekerja walau puasa.

Menu Buka Puasa Sehat Agar Bibir Tidak Kering

Agar bibir tidak kembali kering saat esok hari berpuasa maka ada beberapa rekomendasi makanan yang dapat dijadikan menu untuk berbuka puasa. Selain sehat dan enak, juga bisa membantu untuk mengurangi resiko bibir kering saat siang hari. Salah satu menu yang harus ada saat buka puasa adalah buah yang mengandung air jumlah banyak. Buah seperti semangka dapat kamu jadikan menu sampingan berbuka puasa agar cairan tubuh tetap terpenuhi. Selain semangka, mengkonsumsi mentimun saat buka dan sahur dapat menjaga bibir tetap lembab. Dapat pula mengoleskan mentimun di bibir saat menjelang selesai sahur. Supaya bibir tetap lembab dan sehat serta tidak kering. Lakukan secara berkala setiap hari maka tubuh sehat dan bibir lembab bisa kamu dapatkan.

Baca juga:

https://www.halodoc.com/artikel/bibir-kering-saat-puasa-ini-tips-untuk-mengatasinya

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
Butuh Bantuan ?
Scan the code