Penyebab Kulit Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Informasi mengenai penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya harus diketahui secara tepat untuk menjaga kelembaban. Dehidrasi pada tubuh dapat berakibat terhadap kekeringan bahkan timbulnya pecah-pecah yang biasanya ditemui pada bagian kedua telapak kaki.

Telapak kaki pecah-pecah bukan hanya mengganggu penampilan ketika menggunakan sepatu terbuka. Namun juga menjadi sangat rentan untuk memudahkan kuman serta bakteri masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu kesehatan akan lebih rentan terganggu.

Yang paling utama menjadi penyebab tubuh dehidrasi adalah kurangnya kadar cairan di dalam tubuh. Tubuh, terutama wajah yang kekurangan cairan akan terlihat lebih kusam, usianya lebih tua dari usia semestinya, serta berpengaruh besar terhadap penampilan wajah.

Untuk mengetahui penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya, Anda lebih dulu harus mengetahui definisi kondisi tersebut. Kulit kering disebabkan oleh kekurangan cairan pada lapisan epidermis sehingga efeknya membuat wajah maupun area lainnya kurang kelembaban.

Kondisi yang Menyebabkan Dehidrasi

Kondisi yang menjadi penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya harus diketahui secara tepat sebagai langkah pencegahan. Gejala-gejala seperti kekeringan, gatal, hingga kusam diantaranya disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini:

  1. Stress

Stres merupakan salah satu penyebab paling banyak yang dapat mendatangkan berbagai macam penyakit. Kondisi stres pada seseorang akan berpengaruh terhadap hormon kortisol dalam tubuh. Sementara peranan hormon kortisol ini untuk mengatur kadar air.

  1. Kualitas Air & Temperaturnya

Pertama kita ulas mengenai kualitas air yang digunakan ketika mandi. Umumnya memiliki kandungan seng, magnesium, juga timbal yang mempengaruhi kelembaban kulit. Kemudian tinggi rendahnya suhu turut mempengaruhi sensitivitas hingga menimbulkan radang.

  1. Produk Perawatan Tubuh

Salah satu alasan kenapa Anda harus berkonsultasi dengan dokter terkait perawatan tubuh adalah kondisi kulit setiap manusia berbeda. Bisa jadi si A cocok dengan perawatan tertentu, namun tidak demikian dengan si B. Untuk hal seperti ini tidak boleh ikut-ikutan.

Sebelum mengetahui secara lengkap penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya, pelajari dulu apa saja faktor penyebabnya. Setelah ketiga hal diatas dihindari barulah dapat dilakukan penanganan selanjutnya untuk menghindarkan berbagai resiko ringan hingga parah.

Penanganan Ketika Kekurangan Cairan

Secara lengkap penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya akan menjadi sebab akibat untuk kesehatan. Karena diatas kita sudah mengetahui sebab-sebabnya, saat ini kita akan coba bahas bagaimana penanganan yang tepat untuk mengatasi kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

Penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan proses eksfoliasi secara alami. Eksfoliasi merupakan pengelupasan sel-sel mati yang berpengaruh terhadap efek warna lebih kusam pada wajah. Tindakan eksfoliasi ini tidak bisa dilakukan secara asal-asalan mengingat dampaknya.

Menggunakan tabir surya tidak hanya pada saat Anda bermain ke pantai. Terlebih di kota besar seperti Jakarta, paparan sinar matahari sangat berbahaya terhadap wajah. Untuk itu, saat beraktivitas di luar ruangan sebaiknya rutin menggunakan SPF UV minimal di tingkat 15.

Kebiasaan merokok juga minum alkohol harus dihentikan secara total untuk membuat ekspresi wajah menjadi lebih segar. Rokok serta alkohol memiliki kandungan jahat yang tidak hanya berdampak terhadap keringnya kulit, namun juga mempengaruhi kesehatan seluruh anggota tubuh.

Langkah berikutnya adalah dengan memperhatikan kebiasaan makan. Meskipun sangat lezat, namun sebisa mungkin hindari makanan siap saji serta makanan tinggi gula juga kaya akan minyak. Kandungan-kandungan gizi di dalam sayur atau buah lebih bermanfaat.

Perbedaan Wajah Kering dengan Dehidrasi

Banyak orang kerap menyamakan antara kondisi kulit kering dan dehidrasi. Namun berdasarkan penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya, kedua kondisi ini memiliki perbedaan tertentu. ketika dehidrasi, kulit memang akan terasa kering. Namun, bukan berarti keduanya sama.

Orang dengan kondisi kulit kering biasanya memiliki kadar minyak lebih sedikit di dalam tubuh. Faktor penyebabnya bisa dari berbagai hal, seperti keturunan, kerap iritasi, alergi, terkena benda keras, terlalu lama mandi, dan kebiasaan terpapar langsung sinar matahari.

Untuk mengatasi permasalahan di atas anda cukup bertindak sesuai dengan penyebabnya. Misalkan jika terlalu lama mandi maka kurangi waktu mandi dan efisiensikan prosesnya. Jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung juga, gunakan tabir surya.

Sementara untuk kondisi kulit kekurangan cairan ialah sebuah kondisi dimana organ-organ di dalam tubuh tidak bekerja secara maksimal. Orang yang mengalami dehidrasi cenderung lebih mudah lelah, pucat, mengalami diare, demam, sering buang air kecil, dan mudah berkeringat.

Dehidrasi bukan permasalahan sepele karena jika dibiarkan akan mengganggu kesehatan secara serius. Gejala-gejala orang yang mengalami permasalahan ini biasanya kesulitan berkonsentrasi, cenderung bau mulut, pusing, dan kerap merasakan tubuh yang lemas.

Makanan yang Melembabkan Wajah

Dengan mengetahui penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya secara tepat Anda dapat melakukan pencegahan permasalahan kesehatan secara lebih lanjut. Sederhananya minum air 8 liter per hari adalah upaya paling tepat dan mudah untuk menjaga kelembaban.

Konsumsi makanan tepat juga dapat membantu mengatasi permasalahan kekurangan cairan di dalam tubuh. Terutama ketika anda berpuasa, coba pertimbangkan untuk mengonsumsi asupan dibawah ini:

  1. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin C, vitamin E, dan omega 3 untuk mengurangi kerutan dan permasalahan flek pada wajah. Kadar minyak di dalam alpukat juga akan membantu elastisitas serta mengurangi permasalahan kekurangan cairan terutama di area wajah.

  1. Bayam

Sayuran hijau ini memang dikenal dengan manfaatnya yang segudang. Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, dan kaya akan kandungan H2O atau air guna melembabkan kulit. Vitamin A dan vitamin C pada bayam juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

  1. Ubi

Salah satu kelompok umbi-umbian ini memiliki khasiat penting guna mengangkat sel-sel kulit mati. Ubi juga memiliki kandungan betakaroten yang berkhasiat penting untuk kelembaban kulit serta memberikan perlindungan dari paparan sel-sel jahat

Penanganan tepat terhadap penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya harus dimulai dengan niat yang kuat. Ketika penanganan dianggap sebagai sesuatu yang penting maka anda tidak akan ragu oleh apapun untuk secara kontinu menjalankannya setiap hari.

Alasan Wajah dan Tubuh Harus Dijaga

Tentu ada alasan tersendiri Kenapa penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya harus diketahui secara tepat. Terutama pada area wajah, bukan hanya bagi wanita namun juga para pria, wajah merupakan visualisasi diri yang akan berpengaruh besar terhadap berbagai hal.

Dalam hal pekerjaan, beberapa profesi mengharuskan berpenampilan menarik karena bertemu dengan berbagai klien. Orang-orang yang bekerja di bagian depan seperti front office juga harus memperhatikan penampilan agar selalu terlihat menarik dalam segala kondisi.

Yang paling penting adalah merawat diri merupakan pembuktian mencintai diri sendiri. Tidak perlu alasan orang lain, merawat diri untuk diri sendiri adalah suatu pilihan tepat.

Permasalahan kekurangan cairan pada kulit tidak bisa disepelekan. Beruntungnya Anda karena sekarang ada WMO Beauty yang dapat diakses melalui www.wmobeauty.com dan IG @wmobeauty. Pastikan penyebab kulit dehidrasi dan cara mengatasinya dilakukan dengan tepat.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
Open chat
Butuh Bantuan ?